Tanaman Toga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Istilah TOGA atau Tanaman Obat Keluarga sudah populer di Indonesia sejak beberapa puluh tahun lalu. Pemerintah sendiri cukup gencar mengkampanyekan budidaya Toga sebagai tanaman berkhasiat yang murah serta bisa ditanam sendiri di pekarangan rumah. Tanaman obat ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan obat-obatan untuk keluarga jika sewaktu-waktu mengalami gangguan kesehatan.

Tanaman Toga

Selain memenuhi kebutuhan obat keluarga, Toga juga mampu memacu pertumbuhan UKM (Usaha Kecil Menengah) khususnya di sektor obat-obatan tradisional, meskipun pembudidayaannya dilakukan secara individual. Tanaman obat bisa dikembangkan oleh setiap keluarga dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada disekitar rumah. Jika Toga dapat dimanfaatkan dengan baik maka akan terealisasi prinsip kemandirian khususnya untuk pengobatan keluarga.

Penyebab Meningkatnya Tanaman Toga

Tanaman Toga dan Manfaatnya untuk kesehatan tidak hanya sebagai cara aman untuk mengatasi berbagai macam penyakit namun juga upaya untuk menghemat biaya. Sudah bukan rahasia lagi jika dari waktu ke waktu harga obat-obatan cenderung meningkat tajam. Dengan demikian Toga sebagai bentuk alternatif pengobatan yang aman dan murah meriah.

Faktor meningkatnya tanaman obat di kalangan masyarakat juga disebabkan efek samping obat-obatan tradisional relatif kecil. Jelas ini berbanding terbalik dengan obat-obatan kimia yang kemungkinan berbahaya untuk tubuh dalam kondisi tertentu.

Perlu diketahui, unsur kimia pada semua jenis obat tradisional menjadi acuan pengobatan modern. Dengan kata lain obat-obatan kimia dari pabrik dibuat berdasarkan rumus kimia yang telah disintetis dari ramuan bahan alami tanaman herbal.

Perawatan Tanaman Obat dengan Sistem Pertanian Organik

Tanaman obat dan manfaatnya untuk kesehatan memberi dampak positif sebagai alternatif pemgobatan terbaik. Disamping aman dan murah, tanaman obat di pekarangan rumah tidak membutuhkan perlakuan khusus. Perawatan khusus hanya dilakukan dalam skala usaha, artinya hanya dilakukan untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas hasil tanaman yang optimal.

Terlepas besar atau kecil area yang digunakan untuk membudidayakan tanaman obat, kegiatan pemupukan serta pengendalian hama juga perlu dilakukan. Tak bisa dipungkiri biasanya kegiatan ini erat kaitannya dengan bahan kimiawi baik pada pupuk maupun pestisida. Tentu saja penggunaan bahan kimiawi beresiko mencemari lingkungan. Tidak hanya pencemaran pada tanah atau air namun yang paling berbahaya adalah residu dari pupuk dan pestisida akan terakumulasi pada tanaman yang dihasilkan.

Untuk pemupukan dan pengendalian hama sebaiknya memang tidak tergantung pada bahan-bahan kimia. Untuk mengganti bahan-bahan tersebut bisa menggunakan sistem pertanian organik. Pupuk organik bisa didapat dari pupuk kandang, humus, kompos, serasah daun maupun bokhasi. Untuk pengendalian hama ada beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menggantikan pestisida seperti daun tembakau dan tanaman Babadotan (Ageratum Conyzoides).

Daun Berkhasiat dari Tanaman Obat

Ada ratusan daun dari tanaman Toga dan manfaatnya untuk obat tradisional. Berikut ini diantaranya:

  • Daun Pegagan. Memiliki sifat membasmi bakteri (astringesia), ampuh sebagai obat sariawan
  • Daun Sirih. Bersifat Diuretik dan Antiseptik, berkhasiat mengobati batuk, obat kumur dan efektif membunuh mikroorganisme
  • Daun Sukun. Sebagi obat ginjal, sakit gigi, menurunkan kolesterol, menyembuhkan asam urat, sakit jantung, liver dan gangguan pencernaan
  • Daun pepaya. Obat demam dan disentri
  • Daun Dewa. Mengobati batuk, muntah darah dan bengkak pada payudara
  • Daun Belimbing. Menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi)
  • Daun Pacar Cina. Mengobati penyakit kelamin (Gonorrhoe)
  • Daun Landep. Mengobati pegal linu dan rematik
  • Daun Kelor. Mengobati demam dan panas dalam
  • Daun Seledri. Mengobati tekanan darah tinggi (Hipertensi)
  • Daun Kangkung. Mengobati penyakit susah tidur (Insomnia)
  • Dll

Berbagai jenis tanaman Toga dan manfaatnya untuk kesehatan tidak hanya diambil dari daunnya saja. Masih ada banyak tanaman obat lain yang dimanfaatkan akar dan bijinya untuk mengobati berbagai jenis penyakit ringan maupun berat.

Tanaman Toga dan Manfaatnya untuk Kesehatan | fuad | 4.5