Obat Tradisional Batuk dan Pilek untuk Anak-anak

Musim pancaroba dimana cuaca berubah-ubah tak menentu menyebabkan banyak orang mengalami batuk. Tak hanya orang dewasa namun batuk kerapkali mengganggu aktivitas anak-anak. Perlu diketahui, sebenarnya batuk adalah suatu gejala yang sifatnya memproteksi tubuh. Saat batuk, tubuh berupaya mengeluarkan lendir maupun benda asing di paru-paru atau karena tersumbatnya aliran udara.

Teh dan Jus Jeruk Lemon

Jika terjadi pada anak-anak sekilas batuk memang mengganggu. Namun sebenarnya ini tidak perlu dicemaskan selama pernafasan tidak terganggu dan tidak mengurangi nafsu makan. Sama seperti orang dewasa, batuk pada anak bermanfaat membersihkan lendir (dahak) di dada dan di belakang tenggorokan.

Penyebab Batuk dan Obat Tradisional Pencegah Batuk

Sebelum membahas jenis obat tradisional batuk untuk anak, sebaiknya kita ketahui terlebih dulu penyebab utama batuk pada anak-anak. Reaksi batuk sering dipicu oleh flu yang disebabkan oleh virus. Gejala yang mengiringi batuk pada anak biasanya pilek, demam dan sesak nafas.

Gejala asma juga memicu munculnya batuk pada anak. Umumnya batuk karena gejala ini terjadi dalam jangka waktu lama kemudian memburuk di malam hari. Batuk karena gejala sama biasanya diiringi dengan suara mengi dan sesak nafas. Selain itu faktor udara dan pencemaran lingkungan disebut-sebut menjadi penyebab batuk pada anak-anak. Asap rokok disekitar anak-anak atau lingkungan yang terdapat hewan piaraan acapkali membuat anak terserang batuk.

Perawatan Batuk Anak-anak di Rumah

Hampir 90 persen batuk pada anak penyebabnya adalah virus. Infeksi biasanya berlangsung sekitar 2 minggu. Untuk mengobati batuk anak yang disebabkan virus hindari menggunakan obat antibiotik. Sebaliknya gunakan obat tradisional batuk untuk anak-anak serta tindakan perawatan yang tepat di rumah.

Selama batuk tidak mengganggu waktu tidur anak, tidak diperlukan obat apapun untuk mengatasinya. Untuk anak usia dibawah 6 tahun tidak disarankan minum obat batuk yang dijual bebas tanpa rekomendasi dari dokter. Untuk menyembuhkan batuk ada beberapa obat tradisional batuk untuk anak-anak yang disarankan.

  • Teh dan Jus Jeruk Lemon

Obat tradisional batuk untuk anak-anak yang pertama yaitu teh hangat dan jus jeruk Lemon. Buatlah teh hangat lalu campurkan dengan sedikit jus jeruk Lemon. Kedua bahan ini bermanfaat supaya tubuh anak tidak kehilangan banyak cairan. Kedua bahan tersebut bisa juga ditambah madu untuk mencegah dehidrasi dan meringankan tenggorokan yang terasa kering. Untuk anak usia dibawah 1 tahun sebaiknya tidak perlu ditambahkan madu.

  • Uap Air Panas

Uap air panas juga berguna untuk obat tradisional batuk anak-anak. Jika batuk terjadi terus-menerus dalam waktu lama usahakan supaya anak bisa menghirup uap air panas dalam mangkok. Lakukan perawatan ini sekitar 20 menit. Bisa juga anak dibawa ke luar rumah agar dapat menghirup udara segar. Untuk cara ini cukup dilakukan10-15 menit.

  • Alat Pelembab Udara

Meskipun bukan termasuk obat tradisional alat pelembab udara cukup efektif meredakan batuk anak-anak. Jika tersedia manfaatkan alat tersebut dengan cara menyalakannya sebelum anak tidur.

Waspadai Gejala yang Mengiringi Batuk

Apabila muncul gejala lain yang lebih parah segera bawa anak ke dokter atau unit pelayanan kesehatan terdekat. Biasanya gejala lain yang mengiringi batuk anak-anak diantaranya kesulitan bernafas, nafas tersengal-sengal atau nafas lebih cepat dari kondisi normal. Gejala lain yang mungkin muncul yaitu anak nampak lemas, demam tinggi, dehidrasi, mulut kering, pusing, menangis tanpa airmata hingga batuk yang disertai darah.

Beberapa obat tradisional batuk untuk anak-anak memang terbukti efektif menyembuhkan batuk. Namun jika batuk tidak kunjung sembuh bahkan semakin parah segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pertolongan secepatnya.

Obat Tradisional Batuk dan Pilek untuk Anak-anak | fuad | 4.5