Jenis Tanaman Obat yang Sebaiknya Ditanam di Pekarangan Rumah

Jenis Tanaman Obat – Ada ratusan bahkan ribuan tanaman hias maupun tanaman herbal yang berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Masing-masing tanaman herbal mengandung zat khusus yang bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Berbagai macam tanaman obat tersebut cukup mudah didapat atau kita bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

Tanaman Daun Sirih

Lebih dari 2 dasawarsa pemerintah sangat gencar mensosialisasikan TOGA (Tanaman Obat Keluarga), dimana setidaknya setiap keluarga harus memiliki tanaman obat di pekarangan rumah. Minimal bahan alami dari tanaman herbal mampu memberi solusi terutama saat anggota keluarga mengalami gangguan kesehatan.

3 Jenis Tanaman Obat Terbaik untuk Keluarga

Setidaknya ada 3 jenis tanaman obat yang direkomendasikan untuk ditanam di pekarangan rumah. Berikut ketiga jenis tanaman tersebut serta manfaatnya.

Tanaman Daun Sirih

Jenis tanaman obat pertama yang sebaiknya ditanam di pekarangan rumah yaitu daun sirih. Tumbuhan yang biasanya merambat dan menumpang di tembok atau batang ini memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal. Tak hanya mengatasi masalah kesehatan namun daun sirih juga kaya manfaat untuk kecantikan.

Hampir semua orang tahu daun sirih berkhasiat membersihkan mata dari kotoran. Caranya cukup dengan merendam daun sirih dalam air hangat lalu airnya digunakan untuk membersihkan mata. Bagi wanita, daun sirih bisa diandalkan untuk mengatasi masalah keputihan. Caranya hanya dengan merebus daun sirih lalu airnya digunakan untuk membasuh area organ kewanitaan.

Bagi yang bermasalah dengan bau mulut, daun sirih cukup efektif mengatasi bau mulut. Caranya, rebus daun sirih dengan air secukupnya. Setelah dingin air rebusan bisa digunakan untuk berkumur. Daun kaya manfaat ini rupanya juga cukup ampuh untuk luka bakar. Caranya cukup dengan memanaskan daun sirih hingga layu kemudian ditempelkan pada bagian yang luka.

Tanaman Seledri

Jenis tanaman obat yang tak kalah populer dari daun sirih salah satunya daun seledri. Hampir semua orang tahu seledri sering digunakan sebagai bahan tambahan makanan supaya masakan lebih sedap. Namun ternyata seledri juga membawa segudang manfaat untuk kesehatan. Selain murah dan mudah didapat, tanaman herbal ini juga mudah dibudidayakan di pekarangan rumah atau ditaman dengan sistem hidroponik.

Seledri kaya akan kalsium, fosfor, dan beberapa zat lain yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain efektif untuk menetralkan tekanan darah seledri ternyata cukup ampuh untuk menyembuhkan asam urat. Bahkan hanya sedikit orang yang tahu jika seledri merupakan tanaman herbal alami yang berkhasiat sebagai obat pencuci ginjal alami sekaligus mencegah kanker.

Daun Dewa

Daun Dewa sangat populer sebagai salah satu tanaman obat keluarga. Perlu diingat, Daun Dewa tidak sama dengan Daun Mahkota Dewa. Dua nama tersebut memang sedikit rancu sehingga orang sering salah memanfaatkannya karena namanya sangat mirip.

Banyak zat-zat yang terkandung pada Daun Dewa namun yang paling menonjol adalah kandungan Saponin dan minyak Atsiri-nya. Zat-zat tersebut terbukti efektif untuk menghilangkan toksin atau racun yang mengendap dalam tubuh. Daun Dewa juga sering dimanfaatkan untuk melancarkan sirkulasi darah sebagi obat nyeri, memar, diabetes dan demam tinggi. Sama seperti seledri ternyata Daun Dewa juga ampuh mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi).

Selain 3 jenis tanaman obat diatas tentu masih banyak tanaman obat herbal yang bisa kita tanam di pekarangan rumah seperti Daun Kumis Kucing, Jahe, Kencur, Kunyit, Temulawak dan lain-lain. Selain murah, menggunakan tanaman obat untuk menyembuhkan penyakit jauh lebih aman dibanding obat-obatan kimia.

Jenis Tanaman Obat yang Sebaiknya Ditanam di Pekarangan Rumah | fuad | 4.5