Jenis Daun Obat untuk Menyembuhkan Kanker dan Penyakit Jantung

Banyak faktor yang melatarbelakangi penggunaan tanaman herbal untuk pengobatan berbagai jenis penyakit belakangan ini. Harga obat yang mahal serta efek sampingnya yang justru berbahaya untuk kesehatan seringkali dituding sebagai penyebab beralihnya masyarakat ke bahan-bahan alami sebagai alternatif pengobatan.

Satu hal yang menggembirakan karena banyak sekali jenis daun obat yang terbukti efektif dan aman untuk mengatasi jenis-jenis penyakit mulai dari yang ringan hingga kategori penyakit berat. Selain murah dan mudah didapat, obat dari daun-daunan tersebut sangat minim efek samping atau bisa dibilang tidak ada efek samping sama sekali.

Daun Sukun

Diantara ratusan jenis daun dari tanaman obat berkhasiat, daun Sirsak dan daun Sukun disebut-sebut sebagai daun yang cukup ampuh untuk mengatasi penyakit berat. Berikut ini penjelasannya.

Daun Sirsak untuk Obat Kanker

Sejak lama daun Sirsak dipercaya sebagai obat herbal untuk pasien kanker. Hanya saja karena belum ada pembuktian secara limiah maka khasiat daun obat ini sempat diragukan. Namun setelah melalui beberapa penelitian, terbukti bahwa daun Sirsak mampu menghambat perkembangan sel kanker terutama untuk jenis kanker usus besar (kanker kolorektal).

Salah satu penelitian dilakukan pada 30 pasien kanker usus besar dimana pasien dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama sebanyak 15 pasien rutin minum ekstrak daun sirsak sebanyak 7 gelas per-hari, sedangkan 15 pasien sisanya hanya diberi Placebo dengan dosis yang sama. Hasilnya mereka yang minum ekstrak daun sirsak perkembangan sel kankernya bisa ditekan hingga 17 persen.

Sayangnya efektifitas daun obat ini hanya untuk pertumbuhan sel kanker stadium awal. Untuk kanker stadium lanjut sangat tidak memungkinkan karena untuk menghambat pertubuhan sel kanker stadium akhir dibutuhkan dosis diatas 200 gelas ekstrak daun Sirsak per-hari. Penelitian yang sama juga menunjukkan tidak adanya efek samping dari penggunaan ekstrak daun Sirsak, minimal setelah dikonsumsi kurang dari 2 bulan. Untuk penggunaan diatas 2 bulan belum ada penelitian lebih lanjut.

Daun Sukun untuk Obat Jantung

Kekayaan alam Indonesia terutama tumbuh-tumbuhan yang seolah tak terbatas adalah sumber senyawa bioaktif yang bisa dikembangkan sebagai bahan baku obat. Setelah penelitian tentang daun Sirsak untuk obat kanker, kini daun Sukun mulai populer di masyarakat sebagai obat alternatif penyakit jantung.

Setelah dilakukan penelitian oleh sejumlah pakar ternyata ekstak daun Artocarpus Altilis atau kita kenal dengan daun Sukun mengandung zat aktif untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satunya penyakit jantung. Daun obat ini mengandung Sitosterol dan Flavanoid yang berkhasiat menyehatkan jantung dan pembuluh darah arteri.

Pengujian pernah dilakukan menggunakan media (in vitro) maupun dengan melibatkan sel hidup (in vivo) terhadap ekstrak daun Sukun dan ternyata menunjukkan hasil yang sangat baik. Kesimpulannya, ekstrak daun Sukun mampu memproteksi jantung sebab daun obat ini memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol darah. Disamping itu daun Sukun dapat menghambat akumulasi lemak di dinding pembuluh darah aorta secara signifikan.

Sejatinya ekstrak daun sukun tidak hanya efektif mencegah penyakit yang berhubungan dengan cardiovascular, tapi daun obat ini juga berkhasiat sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit seperti gatal-gatal, liver, ginjal, dan berbagai jenis peradangan. Dengan sendirinya daun Sukun cukup potensial jika dikembangkan menjadi obat sintesis.

Perlu diketahui, semua bagian tanaman Sukun ini memiliki kadar Sitosterol dan Flavanoid berbeda-beda. Namun untuk mendapatkan khasiatnya, hampir semua orang mengonsumsi air dari rebusan daun obat ini, bukan dari akar atau kulit batangnya.

Jenis Daun Obat untuk Menyembuhkan Kanker dan Penyakit Jantung | fuad | 4.5