Fenugreek Obat Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Paling Mujarab

Fenugreek, mungkin tanaman obat yang satu ini belum begitu populer di masyarakat. Tapi perlu diketahui, ternyata Fenugreek sudah digunakan sejak zaman Mesir Kuno sebagai tanaman yang berkhasiat mengobati penyakit diabetes. Bagian daun Trigonella foenum-graecum atau Fenugreek ini sebenarnya bisa dimakan. Hanya saja orang lebih suka memanfaatkan bijinya sebagai bahan pengobatan.

Fenugreek Obat Diabetes

Fenugreek dikategorikan sebagai obat diabetes karena mengandung banyak protein, zat besi, fosfor, air, kalsium, dan karbohidrat. Beberapa kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.

Obat Diabetes Tradisional Terbaik

Selama berabad-abad biji Fenugreek dipercaya sebagai obat diabetes terbaik tanpa efek samping. Sejumlah penelitian menunjukkan jika kita mengonsumsi makanan yang dicampur Fenugreek sanggup menurunkan kadar gula darah baik untuk penderita diabetes tipe 1 dan 2.

Lebih detailnya, golongan diabetes tipe 2 bisa dikontrol jika kita mengonsumsi 10 gram biji Fenugreek perhari yang direndam air panas terlebih dulu. Bahkan satu penelitian membuktikan menyantap makanan yang terbuat dari tepung Fenugreek sangat efektif mengurangi resistensi insulin untuk diabetes tipe 2. Lantas apa yang membuat tanaman obat ini mampu menormalkan kadar gula darah?

Fenugreek dipercaya ampuh sebagai obat diabetes karena tanaman ini kaya serat dan sejumlah senyawa kimia yang mampu memperlambat proses penyerapan karbohidrat dan gula dalam tubuh. Fenugreek juga ampuh mengontrol tubuh dalam mengelola gula sehingga jumlah insulin yang dilepaskan juga meningkat.

Selain dipercaya sebagi obat diabetes tradisional terbaik Fenugreek juga efektif mengurangi timbunan lemak tubuh dan menurunkan berat badan. Bahkan tidak hanya untuk diabetes tipe 1 dan tipe 2 tapi Fenugreek juga sering digunakan sebagai obat sakit maag, konstipasi, demam, rasa perih di perut (hearthburn), pengerasan arteri (aterosklerosis), kebotakan, kolesterol tinggi hingga gangguan seksual.

Efek Samping Obat Diabetes Fenugreek

Fenugreek memang masuk kategori tanaman herbal alami yang dikonsumsi sebagai suplemen. Meski begitu ternyata obat diabetes ini memiliki efek samping seperti iritasi kulit, kembung dan diare. Untuk penderita penyakit ginjal dan hati sebaiknya juga menghindari mengonsumsi Fenugreek. Tanaman obat ini juga kurang aman jika dikonsumsi anak-anak.

Wanita hamil dan menyusui dilarang keras mengonsumsi tanaman obat Fenugreek. Pasalnya Fenugreek mampu merangsang kontraksi lebih awal sehingga bisa menyebabkan keguguran atau bayi yang dilahirkan memiliki kelainan yaitu bau badan yang tidak biasa.

Pantangan bagi Penderita Diabetes

Meskipun mengonsumsi obat diabetes paling ampuh sekalipun pasien tetap harus memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi pnederita diabetes seperti berikut ini.

Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Hindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi putih, kentang goreng dan roti putih. Sereal yang tinggi gula namun sedikit serat juga perlu dihindari. Sebaliknya ganti karbohidrat dengan biji-bijian utuh, beras merah, jagung dan semua makanan yang terbuat dari jagung serta ubi jalar yang dipanggang.

Makanan Berprotein Tinggi

Selain karbohidrat makanan berprotein tinggi seperti daging goreng, ikan goreng, tahu goreng, keju dan kulit unggas juga wajib dihindari penderita diabetes. Sebagai protein pengganti sebaiknya mengonsumsi dada ayam tanpa kulit, tahu rebus (kukus), kacang-kacangan, telur dan ikan panggang. Penderita diabetes disarankan tidak minum susu terutama susu fullcream, keju, es krim dan yoghurt. Namun pasien diabetes masih boleh mengonsumsi susus skim dan yoghurt rendah lemak.

Ada banyak tanaman herbal untuk obat diabetes namun Fenugreek tetap yang terbaik untuk mengontrol dan menormalkan kadar gula darah. Fenugreek sendiri kini mudah didapat karena sudah banyak yang memproduksi secara massal sebagai obat herbal.

Fenugreek Obat Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Paling Mujarab | fuad | 4.5