Ciri-ciri Penyakit Sipilis dan Cara Pengobatannya

Penyakit Raja singa atau Sipilis disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Penularan penyakit berbahaya ini biasanya melalui hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi baik hubungan seksual secara vaginal, oral maupun anal. Pengguna narkoba yang sering berbagi jarum suntik juga beresiko tertular penyakit Sipilis. Hal yang sama juga berlaku bagi orang yang suka merajah tubuh (tattoo) atau menindik telinga menggunakan peralatan yang tidak steril.

Ciri-ciri Penyakit Sipilis

Bakteri Treponema pallidum mampu bertahan dalam tubuh manusia selama bertahun-tahun. Selain penularan melalui beberapa cara diatas, bakteri ini bisa menyebar melalui penggunaan toilet yang sama, alat makan yang sama, kolam renang yang sama dan mandi bersama.

Gejala dan Ciri-ciri Penyakit Sipilis Primer, Sekunder, Laten dan Tersier

Penyakit Sipilis dibagi menjadi 4 fase yaitu: Sipilis Primer, Sipilis Sekunder, Sipilis Laten, dan Sipilis Tersier. Berikut ciri-ciri penyakit Sipilis menurut tahapannya masing-masing.

Sipilis Primer

Penderita Sipilis Primer biasanya mengalami gejala awal seperti munculnya luka (lesi) dibagian alat kelamin, bisa dibagian dalam atau area mulut kelamin. Luka tersebut mirip bekas gigitan serangga dan tidak menimbulkan rasa sakit. Pada fase ini apabila penderita melakukan kontak seksual dengan orang lain maka 90 persen penularan akan terjadi.

Luka atau lesi biasanya bertahan maksimal 2 bulan kemudian sembuh tanpa bekas. Tapi ingat, luka yang tidak meninggalkan bekas bukan berarti sembuh sebab Sipilis Primer masih akan berlanjut pada fase berikutnya.

Sipilis Sekunder

Ciri-ciri penyakit Sipilis Sekunder merupakan fase lanjutan dari Sipilis Primer. Pada fase ini penderita akan mengalami ruam berwarna kemerahan. Ruam yang terjadi biasanya seukuran koin kecil yang muncul di telapak tangan maupun telapak kaki.

Setelah ruam merah muncul biasanya penderita mengalami gejala lanjutan seperti nafsu makan berkurang, demam, radang tenggorokan dan muncul kutil di kelamin. Fase Sipilis Sekunder ini biasanya akan bertahan sampai 3 bulan.

Sipilis Laten

Sipilis Laten muncul pasca menghilangnya gejala Sipilis Sekunder. Pada fase ini semua gejala Sipilis seolah-olah menghilang dan tidak ada gejala sedikitpun. Sebenarnya Sipilis Laten adalah masa yang sangat berbahaya sebab masa Laten ini akan bertahan hingga 2 tahun untuk kemudian berlanjut ke fase paling mematikan yaitu Sipilis Tersier.

Sipilis Tersier

Jika dilihat ciri-ciri penyakit Sipilis dari fase awal sebenarnya infeksi bakteri penyebab sipilis harus segera diobati. Apabila gejala penyakit Sipilis Primer, Sekunder dan Laten tidak mendapat penanganan tepat maka infeksi bakteri akan berkembang ke tahap paling fatal yaitu Sipilis Tersier. Pada fase akhir ini infeksi bakteri menyebabkan dampak yang sangat serius pada tubuh. Kebanyakan penderita akan mengalami gangguan pendengaran, demensia, kelumpuhan total, kebutaan, impotensi bahkan bisa berujung kematian jika tidak ditangani secara serius.

Pengobatan Penyakit Sipilis

Sipilis bisa diobati menggunakan antibiotik, biasanya dokter akan memberikan suntikan penicillin. Jika tidak diobati sejak fase awal bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Sebaliknya bagi penderita Sipilis disarankan tidak berhubungan seksual sebelum bakteri yang menginfeksi hilang. Bagi pasangan penderita Sipilis disarankan memeriksakan diri ke dokter sebab kemungkinan besar juga terinfeksi dan perlu mendapat pengobatan.

Seperti ciri-ciri penyakit Sipilis yang sudah disebutkan diatas, Sipilis sangat mudah menular terutama pada fase Sipilis Primer dan Sipilis Sekunder. Apabila Anda merasa terinfeksi bakteri Sipilis atau pasangan menunjukkan gejala menderita Sipilis, Anda dan pasangan harus memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit kelamin. Jika Sipilis diobati sejak fase awal maka kecil kemungkinan akan berkembang menjadi penyakit mematikan.

Ciri-ciri Penyakit Sipilis dan Cara Pengobatannya | fuad | 4.5