9 Tumbuhan Obat Multifungsi Yang Dapat Anda Tanam Sendiri

Tumbuhan tidak hanya berguna sebagai hiasan, sarana penghijauan, ataupun konsumsi dalam bentuk buah dan sayur saja melainkan berbagai obat terbukti dihasilkan melalui tumbuhan. Penggunaannya dapat secara langsung maupun diekstrak dalam bentuk obat-obatan produksi pabrik. Mungkin Anda mengira butuh cara khusus untuk membudidayakan tumbuhan obat namun sebenarnya beberapa dari mereka dapat dengan mudah ditanam di halaman rumah Anda sendiri.

jambu-biji

Cara alami untuk Anda tetap siaga mencegah penyakit

Beberapa tumbuhan obat yang akan disebutkan dibawah ini sebaiknya Anda tanam karena penting untuk menangani penyakit yang sering melanda keluarga dan lingkungan. Di samping itu, beberapa dapat menjadi saran pencegahan melalui konsumsi atau sebagai bahan tambahan.

  1. Sirsak

Tumbuhan buah satu ini selain menjadi buah konsumsi bisa juga menjadi solusi untuk berbagai penyakit seperti hipertensi, kolesterol tinggi hingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Baik buah dan daunnya dapat berfungsi sebagai obat karena tingginya antioksidan dan zat-zat lainnya.

  1. Jambu Biji

Jambu biji sama seperti sirsak dapat menjadi buah konsumsi, biasanya dengan dimakan langsung atau dibuat jus. Tetapi tahukah Anda bahwa jambu biji berguna sebagai tumbuhan obat karena dapat mengobati penyakit seperti diare yang sering dialami oleh Anda dan keluarga.

  1. Jeruk Nipis

Buah selanjutnya yang dapat berfungsi sebagai obat adalah Jeruk Nipis. Banyak penyakit seperti asam urat, demam, dan batuk dapat disembuhkan dengan jeruk nipis. Selain itu buah ini juga dapat menjadi minuman yang segar.

  1. Belimbing Wuluh

Selain terkenal untuk bahan penyedap masakan, belimbing wuluh juga dapat berguna sebagai tumbuhan obat. Penyakit seperti batuk, jerawat dan bahkan diabetes. Cara penggunaan yaitu dengan meminum sarinya untuk penyakit batuk dan diabetes, sedangkan untuk mengobati jerawat cukup usapkan belimbing wuluh yang telah dipotong pada jerawat Anda.

  1. Lidah Buaya

Tanaman satu ini berguna untuk mengobati penyakit seperti bercak hitam dan jerawat. Namun untuk penggunaan sehari-hari biasanya sebagai sarana mengobati luka luar terutama luka akibat terbakar. Penggunaannya yaitu dengan  mengiris dagingnya lalu menempelkan sari-sari yang keluar dari daging pada bagian yang terkena luka.

  1. Daun Dewa

Daun dewa berguna membantu penyembuhan berbagai penyakit seperti kanker, hipertensi, dan stroke. Pada penggunaan sehari-hari Anda dapat menjadikannya obat untuk menyembuhkan gigitan serangga atau memar. Cara menggunakannya tergolong cukup mudah yaitu dengan menghancurkan atau menumbuk untuk kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.

  1. Kencur

Tidak ada salahnya jika Anda juga menanam beberapa rempah-rempah sebagai cadangan tumbuhan obat di rumah. Kencur adalah salah satunya karena rempah-rempah ini berfungsi sebagai obat batuk. Selain itu membuatnya menjadi minuman beras kencur dapat menambah stamina dan memperbaiki kondisi tubuh akibat kelelahan juga berguna saat diet.

  1. Kunyit

Rempah-rempah lain yang juga penting Anda dipertimbangkan untuk ditanam di halaman adalah Kunyit. Berkhasiat untuk membantu menambah nafsu makan, masalah pencernaan, dan demam bahkan mengobati kanker. Selain itu kunyit juga sering digunakan sebagai bumbu dapur.

  1. Jahe

Jahe mudah ditanam dan mempunyai banyak fungsi seperti minuman saat cuaca dingin, penambah tenaga, bahan tambahan masakan dan mengobati batuk. Penggunaan jahe yaitu dengan menyeduh lalu kemudian disaring menjadi minuman dan disajikan hangat.

Demikian beberapa tumbuhan obat yang perlu Anda pertimbangkan untuk ditanam pada halaman rumah. Selain dapat dikonsumsi dan sebagai obat juga mempunyai fungsi lain yang berguna bagi keseharian Anda.

9 Tumbuhan Obat Multifungsi Yang Dapat Anda Tanam Sendiri | fuad | 4.5