7 Macam Macam Tanaman Obat yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai salah satu Negara agraris, tentu Indonesia diuntungkan dengan berbagai hal. Salah satu keuntungan tersebut adalah kekayaan flora dan fauna yang tersebar di seluruh penjuru negeri ini, termasuk dengan tanaman herbal. Macam macam tanaman obat di Indonesia memang terkenal karena saking banyaknya, hingga Anda akan dengan mudah mendapatkan berbagai tanaman berkhasiat yang dapat menyembuhkan hampir semua penyakit yang diketahui oleh manusia.

Tanaman obat adalah tanaman yang berkhasiat untuk meredakan, bahkan mengobati berbagai macam penyakit tertentu. Biasanya, macam macam tanaman obat ini telah diketahui sejak masa prasejarah dan diwariskan secara turun-temurun ke generasi selanjutnya. Tanaman obat, atau yang sering kita sebut dengan tanaman herbal sangat banyak sekali jenisnya dan juga manfaat yang diberikan, dari yang mampu mengobati penyakit ringan seperti masuk angin hingga penyakit berat seperti diabetes dan lain-lain. Selain itu, tanaman obat tersebut pada umumnya telah teruji secara ampuh dibandingkan dengan obat-obatan yang dicampur dengan bahan kimia, yang notabene mempunyai efek samping tertentu.

Inilah 7 Macam macam Tanaman Obat sebagai Pengobatan Alternatif

Berikut ini adalah 7 macam macam tanaman obat yang dapat Anda pakai sebagai pengobatan alternatif di rumah:

  1. Seledri (Apium Graviolens)

seledri

Seledri adalah satu dari macam macam tanaman obat yang pasti begitu familiar di telinga orang Indonesia. Selain enak dipakai sebagai penyedap pada beberapa masakan Indonesia, seledri juga dapat difungsikan sebagai tanaman herbal karena tanaman ini kaya akan kalsium, fosfor, serta lain-lain. Seledri sangat berkhasiat untuk meredakan, bahkan mengobati penyakit asam urat. Caranya, cukup rebus beberapa daun seledri, setelah mendidih, tuangkan air rebusan tersebut dalam gelas. Setelah cukup dingin, minum air tersebut setiap pagi sebelum Anda memulai aktivitas.

  1. Mengkudu (Morinda Citrifolia)

mengkudu

Mengkudu mempunyai nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Di sunda ia bernama cangkudu, sedangkan di Jawa ia bernama kudu. Di Aceh, tanaman ini biasanya dipakai untuk bahan rujak ataupun dapat juga menjadi menu buka puasa rakyat Aceh. Sebagai tanaman herbal, mengkudu sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit jantung koroner. Caranya begitu mudah, yakni cukup dikupas dan dibuat jus. Jangan lupa untuk menambahkan madu agar jus mengkudu menjadi lebih nikmat saat dinikmati 2 kali sehari setelah makan.

  1. Belimbing (Averrhoa Carambola)

belimbing

Belimbing adalah buah yang mengandung vitamin A, B, dan C, protein dan kalsium. Belimbing dapat menyembuhkan kolesterol tinggi. Cukup makan buah belimbing segar sebagai pencuci mulut setelah makan setiap hari.

  1. Daun Dewa (Gynura Divacirata)

daun-dewa

Daun dewa adalah salah satu dari macam macam tanaman obat yang kurang begitu familiar bagi semua orang. Daun Dewa mengandung minyak astiri, saponin, dan lain lain. Daun ini dapat mengobati stroke. Daun inipun mampu menjadi obat luka memar maupun penetral darah tinggi.

  1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

lidah-buaya

Selain untuk bahan kecantikan kulit dan rambut, lidah buaya juga sangat berkhasiat untuk mengobati kanker. Saat ini banyak sekali cara untuk dapat memakan lidah buaya, contohnya adalah cendol ala Pontianak.

  1. Temulawak (curcuma xanthorrhiza)

temulawak

Mempunyai kandungan kurkumin membuat temulawak berkhasiat untuk mengobati keracunan pada empedu dan juga hepatitis B. Walaupun mempunyai rasa yang kurang begitu enak, namun khasiat temulawak akan membuat Anda takjub.

  1. Jarak (ricinus communis)

pohon-jarak

Biji jarak, mampu mengobati kanker rahim, hernia, rematik, tbc, dan lain-lain. Namun, Anda harus menakar dengan benar saat ingin mengonsumsi biji Jarak karena jika berlebihan, obat ini akan meracuni anda.

Inilah 7 contoh macam macam tanaman obat yang begitu berkhasiat untuk berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi obat herbal, maka tubuh Anda akan lebih sehat.

7 Macam Macam Tanaman Obat yang Perlu Anda Ketahui | fuad | 4.5