5 Obat Herbal Kolesterol Paling Mudah Dicari

Mungkin karena pola hidup dan pola makan yang tak teratur, kolesterol tinggi akan hinggap di tubuh. Dan suatu ketika kita memerlukan obat herbal kolesterol. Sebenarnya kolesterol dalam jumlah normal malah akan membantu fungsi tubuh. Kolesterol merupakan satu komponen penting dalam pembentukan hormon steroid, vitamin D, pembentukan dinding sel, pembentukan asam empedu dan lainnya. Walau begitu, dalam keadaan berlebihan, kolesterol bisa menyumbat saluran darah, dan jika dibiarkan maka akan memicu penyakit semacam batu empedu, darah tinggi, jantung, stroke, serta lainnya. Mengubah pola makan yang penuh lemak menjadi menu-menu sehat yang berserat mungkin langkah awal untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, untuk mempercepat penurunan kadar kolesterol kita juga bisa menggunakan jasa beberapa obat herbal kolesterol yang gampang dicari di sekitar kita. 

teh-hijau-bawang

5 Obat Herbal Kolesterol

  1. Bawang Putih

Berkat kandungan anti oksidan yang mengandung belerang, bawang putih memiliki peran penting dalam mengendalikan level kolesterol. Bukan hanya mengurangi level kolesterol jahat (LDL) saja, namun studi memperlihatkan bahwa mengkonsumsi bawang putih segar secara teratur juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) Anda. Sebagai langkah pencegahan atau obat herbal kolesterol, Anda bisa menyertakan bawang putih dalam sajian makanan sehari-hari. Anda bisa pula mengonsumsinya secara mentah dengan menyertakan irisannya pada dressing salad, sop, atau lainnya.

  1. Kunyit

Kunyit dikenal sangat handal sebagai ekspektoran (penghilang dahak).Selain itu, kunyit juga dikenal sebagai pelindung jantung. Lebih jauh lagi, kunyit juga menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL),membantu menurunkan kandungan plak-plak lemak pada dinding pembuluh darah. Anda bisa menggunakan kunyit sebagai tindakan preventif meningkatnya kadar LDL atau sebagai obat herbal kolesterol dengan menggunakannya sebagai bagian bumbu masak. Sejumput kunyit pada bumbu kari atau bumbu kuning akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

  1. Teh Hijau

Karena teh hijau tidak terlalu banyak mendapat proses pelayuan dan penguapan dalam pembuatannya, maka teh hijau mengandung konsentrasi zat epigallocatechingallate yang lebih tinggi daripada teh hitam. Zat bernama panjang tersebut adalah anti oksidan yang sangat kuat, yang sangat berguna menurunkan kadar kolesterol LDL. Untuk obat herbal kolesterol, Anda bisa membiasakan diri minum 3-4 cangkir teh hijau setiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol. Sebagai peringatan, mohon jangan berlebihan dalam meminumnya, karena teh hijau juga memiliki dampak sampingan.

  1. Minyak Jagung dan Minyak Kedelai

Minyak nabati seperti minyak jagung dan minyak kedelai mengandung sterols atau phytosterols tanaman. Keduanya memiliki kemampuan membuat tubuh Anda tidak menyerap kolesterol yang ada secara alami di dalam makanan. Keduanya juga berdampak  menurunkan kadar kolesterol seperti pada obat-obatan statin yang umumnya diresepkan untuk melawan kadar kolesterol tinggi. Sebagai obat herbal kolesterol, Anda bisa menggunakan minyak jagung dan minyak kedelai dalam proses memasak sehari-hari untuk menjaga atau menurunkan kadar kolesterol. Sebagai tambahan, selain ada pada kedua minyak tersebut, kedua zat itu juga ada juga pada buah-buahan, kacang-kacangan, beberapa jenis sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

  1. Beras Pecah Kulit

Beras pecah kulit adalah beras yang hanya sekali dikuliti pada saat pengupasannya, sehingga hanya kulit terluarnya saja yang dihilangkan selama masa penggilingan. Oleh karena itu lapisan ari luarnya (bekatul) yang kecoklatan itu masih utuh. Oleh karena itu, bukan hanya masih kaya vitamin dan mineral, juga kaya serat. Jika Anda sedang menurunkan kolesterol atau sedang mencari obat herbal kolesterol praktis, maka ada baiknya jika memulainya dengan mengganti beras putih dengan beras pecah kulit.

5 Obat Herbal Kolesterol Paling Mudah Dicari | fuad | 4.5