4 Tanaman Obat Asam Urat dan Cara Membuat Ramuannya

Penyakit asam urat adalah suatu penyakit yang menyerang persendian tubuh akibat tingginya zat purin dalam darah yang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Pada orang normal, zat purin akan otomatis terbuang melalui urine ataupun keringat. Hal yang paling mempengaruhi penyakit ini adalah kurang maksimalnya kinerja ginjal. Adapun penyembuhan menggunakan beberapa Tanaman obat asam urat dinilai lebih baik karena tidak merusak fungsi ginjal seperti obat-obatan yang mengandung senyawa kimia, dan pastinya menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan bila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Apa saja tanaman obat asam urat itu, dan bagaimana cara mengonsumsinya?

Penggunaan Tanaman obat asam urat adalah solusi terbaik untuk mengatasi penyakit tanpa efek samping. Berikut adalah beberapa jenis tanaman yang dapat kita manfaatkan sebagai media pengobatan

  1. Sambiloto ( Andrographis paniculata )

sambiloto

Tanaman ini memang bukan asli flora Indonesia, melainkan dari India.Pada jaman penjajahan Inggris, oleh Sir Thomas Stamford Raffles dicoba untuk ditumbuh kembangkan, dan ternyata dapat bertahan dengan iklim tropis negara kita. Sebutan untuk tanaman ini adalah kayu mas, papaitan, ki peurat dan masih banyak lagi sesuai daerah dimana ia tumbuh. Tanaman obat asam urat ini mengandung berbagai senyawa aktif seperti alkane, flavonoid, aldehid, keton, serta mineral diantaranya kalium, natrium, kalisum.

Cara pemakaian :

Cuci bersih sambiloto kering sebanyak 10 gram, tambahkan rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, buah lada 1 gram, kemudian rebus dengan 5 gelas air tunggu hingga mendidih dan air berkurang hingga setengahnya. Minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelahnya.

  1. Daun Salam

daun-salam-sehat

Lebih terkenal sebagai bumbu penyedap masakan oleh masyarakat Indonesia khususnya. Namun ada khasiat lain disamping dapat menambah cita rasa masakan. Daun ini merupakan Tanaman obat asam urat yang mudah didapatkan dimana saja. Daun salam mengandung minyak atsiri, flavonoid, dan tannin yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Cara pemakaian :

Rebus 10 daun salam yang masih segar maupun kering dengan 3 gelas air, sisakan sampai menjadi 1 gelas, minum sebanyak 2 kali dalam sehari dengan takaran ½ gelas tiap kali minum.

  1. Kumis Kucing

kumis-kucing

Tanaman ini memang sangat dikenal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit selain sebagai Tanaman obat asam urat tentunya. Salah satu kandungan yang terdapat pada daun kumis kucing adalah Orthosipon glikosida yang memiliki sifat diuretik berfungsi membuang kelebihan asam urat pada tubuh melalui urine.

Cara pemakaian :

Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing, 10 gram meniran kering, 10 gram sawi tanah kering, 15 gram jahe merah kering dan 10 gram kapulaga kering. Sebelumnya memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air sampai tersisa setengah, minum secara rutin pagi, siang, sore, masing-masing ¾ gelas.

  1. Tanaman anting-anting

tanaman-anting-anting

Tanaman yang dikenal dengan nama akar kucingan / Rumput kokosan ini dapat dimanfaatkan sebagai anti radang, membersihkan organ hati, serta dapat meningkatkan nafsu makan. Tanaman ini dapat kita manfaatkan sebagai media pengobatan yang ampuh, karena juga memiliki sifat diuretik.

Cara pemakaian :

Untuk penggunaan tanaman ini sebagai obat, caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus 30 – 60 gram batang kering anting-anting dengan 3 gelas air. Didihkan sampai setengahnya, minum 2 kali sehari.

Alangkah baiknya kita memiliki beberapa jenis Tanaman obat asam urat diatas, lebih praktis dan dapat dimanfaatkan kapan saja sesuai kebutuhan. Selain murah, juga tidak menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan kita.

4 Tanaman Obat Asam Urat dan Cara Membuat Ramuannya | fuad | 4.5