4 Bahan Pembuat Obat Herbal Batu Ginjal

Siapapun pasti tidak ada yang ingin menderita penyakit batu ginjal. Ya, penyakit ini merupakan penyakit yang timbul akibat terlalu pekatnya kadar garam dalam urine seseorang. Kadar garam yang mengendap ini semakin lama akan mengalami pengerasan atau pengkristalan sehingga berbentuk seperti batu. Akibatnya, penderita akan merasa sakit pada bagian  pinggang sampai dengan pinggul. Hal ini mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan buang air kecil, lebih parahnya lagi disertai dengan keluarnya darah. Untuk itu, bagi penderita penyakit ini bisa mencoba pengobatan alternatif seperti obat herbal batu ginjal.

Daun Keji Beling

Tanaman untuk Resep Obat Herbal Batu Ginjal

Tidak perlu obat yang mahal harganya, dengan biaya seminim mungkin dan dengan hasil yang maksimal, kita dapat memanfaatkan beberapa jenis tanaman yang murah dan mujarab. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan.

  1. Daun Keji Beling

Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman ini? Ini merupakan tumbuhan perdu yang tumbuh dan menyebar pertama kali di Madagaskar. Kemudian mulai menyebar ke semenanjung Malaya, yaitu Indonesia dan juga Malaysia. Di Indonesia sendiri, daun keji beling biasa dimanfaatkan untuk berbagai macam obat karena mengandung anti oksidan, anti mikroba, anti sipillis, serta obat diabetes disamping khasiatnya sebagai Obat herbal batu ginjal. Biasanya daun ini akan diolah menjadi teh. Kandungan zat kalium tinggi yang terdapat di dalamnya bekerja sangat baik untuk melarutkan pengkristalan yang terbentuk karena garam oksalat pada kantong empedu maupun kantong kemih, serta ginjal manusia.

  1. Daun Dadap

Daun dadap selain bisa dimasak atau digunakan sebagai sayuran, ternyata juga bisa dipakai sebagai obat herbal batu ginjal. Anda bisa menggunakannya sebagai ramuan atau bisa dikonsumsi sebagai sayuran. Bagi ibu yang masih menyusui, berguna pula untuk melancarkan dan memperbanyak kuantitas ASI, membuat tidur nyaman dan nyenyak, dan melancarkan haid.

  1. Daun Alpukat

Selain buahnya yang lezat, ternyata daun alpukat dapat dijadikan obat herbal batu ginjal. Anda bisa merebus daun dengan air secukupnya dan meminumnya ketika dingin. Tanaman alpukat sendiri bisa dijumpai di daerah dataran tinggi dan berhawa sejuk.

  1. Daun Gempur Batu

Obat herbal batu ginjal lainnya yang dapat dimanfaatkan adalah daun gempur batu. Daun yang mempunyai nama latin Borreria hispida ini memiliki kandungan zat kalium yang efektif untuk mendispersi batu ginjal. Bila anda ingin membuat ramuannya, sediakan 7 lembar daun gempur batu, 7 lembar daun kembang buang, 30 gram semanggi hitam serta 800 cc air. Rebus ketiganya hingga air tinggal setengahnya, saring dan biarkan hingga hangat-hangat kuku, kemudian minum 2 kali dalam sehari.

Limbah dalam darah terkadang bisa membentuk kristal dan menumpuk dalam ginjal. Seiring berjalannya waktu, kristal tersebut dapat membentuk gumpalan seperti batu keras. Terbentuknya batu ginjal pada seseorang bisa disebabkan karena kurangnya asupan cairan atau kurang konsumsi air putih, terlalu banyak mengonsumsi obat yang mengandung bahan kimia, ataupun kondisi medis tertentu yang belum terdeteksi.

Pada dasarnya, kita dapat menghindari penyakit macam ini dengan pola hidup yang sehat. Apa itu pola hidup sehat? Rajin atau rutin berolahraga, tidur tepat waktu dan tidak begadang, perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Gaya hidup masyarakat saat ini bisa dikatakan menjadi pemicu timbulnya bermacam-macam penyakit. Hindari stress berlebih yang dapat meningkatkan resiko komplikasi, gangguan fungsi tubuh serta mental. Sekian adalah beberapa Obat herbal batu ginjal yang dapat anda pergunakan, semoga bermanfaat!

4 Bahan Pembuat Obat Herbal Batu Ginjal | fuad | 4.5